Rabu, 06 April 2011 | By: Ahmad Ramdhani aprianto

Manusia dan Keindahan


A. Keindahan 
Kata keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, cantik elok dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifa indah ialah hasil seni. Kawasan keindahan bagi manusia sangatlah luas, Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.


B. Perkembangan Kesenian
Perkembangan suatu kesenian selalu bermula dari tingkatan kesenian yang paling sederhana yang tidak mungkin langsung mencapai puncak perkembangan. Kesenian berkembang mengikuti perubahan zaman dan berdasarkan kurun waktu.  

C. Aliran - Aliran Kesenian

ditinjau dari perkembangan dan kurun waktunya sejak zaman prasejarah hingga sekarang, maka karya seni yang dihasilkan dapat dikelompokkan dalam aliran. seni primitif, seni klasik, seni tradisional, seni modern, dan seni kontemporer.

  • Seni Primitif
    Seni primitif berkembang pada zaman prasejarah, yang mana tingkat kehidupan manusia pada masanya sangat sederhana sekali dan sekaligus merupakan ciri utama, sehingga manusianya disebut orang primitif.
  • Seni Klasik
    Kesenian klasik merupakan puncak perkembangan kesenian tertentu, yang mana tidak dapat berkembang lagi (mandeg).
  • Seni Tradisional
    Tradisi artinya turun temurun atau kebiasaan. Seni tradisional berarti suatu kesnian yang dihasilkan secara turun-temurun atau kebiasaan berdasarkan norma-norma, patron-patron atau pakem tertentu yang sudah biasa berlaku.
  • Seni Modern
    Seni modern merupakan kesenian yang menghasilkan karya-karya baru. Seniman yang kreatif akan menghasilkan karya seni yang modern, karena di dalamnya ada unsur pembaharuan, baik dari segi penggunaan media, teknik berkarya maupun unsur gagasan/ide

 D. Renungan

Renungan berasal dari kata renung artinya diam diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dalam-dalam. renungan adalah hasil merenung.

0 komentar:

Posting Komentar