Minggu, 27 Februari 2011 | By: Ahmad Ramdhani aprianto

Manusia

Posisi Manusia Di Antara Makhluk Lainnya
Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan YME yang paling sempurna, Manusia memiliki akal yang tidak dimiliki oleh makhluk ciptaan Tuhan yg lainya ,kebanyakan ciptaan Tuhan yang ada di Bumi ini hanya memiliki nafsu. Sehingga manusia pun dinobatkan sebagai khalifah (pemimpin) di muka Bumi ini. Yang paling membedakan manusia dan makhluk lainnya adalah akal dan pikiran, hal tersebut yang menjadikan derajat manusia lebih tinggi. Dan manusia juga dapat mengandalkan perasaan hati nurani di bandingkan dengan mahluk hudup lainnya.  Tidak ada manusia yang sempurna. karena itu manusia tetap membutuhkan manusia lain dan makhluk lainnya dan biasa disebut manusia Makhluk Sosial.

Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Membutuhkan Makanan dan Air
2. Bernafas
3. Bergerak
4. Dapat Tumbuh
5. Bereproduksi
Menurut ajaran agama Islam, selain Allah SWT semuanya adalah “makhluk”. Hanya Allah SWT yang “Khalik”.
Makhluk itu terdiri atas :
1. Malaikat.
2. Setan/Jin/lblis.
3. Manusia.
4. Binatang.
5. Tumbuhan (Alam).

Aspek-Aspek Manusia

Di dalam hidup ini kita sebagai manusia mempunyai beberapa Aspek Aspek. Ada aspek kelahiran yaitu dimana kita dilahirkan di dunia ini yang bertujuan untuk menjalani kehidupan sampai datangnya ajal atau kematian. , aspek pendidikan yaitu kita sebagai makhluk hidup diwajibkan untuk mendapatkan pendidikan yang layak yang bertujuan untuk menyajalani kehidupan ini. aspek kesehatan yaitu menjalani kehidupan ini dengan menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit. dan aspek kematian atau ajal adalah akhir dari kehidupan
Tipologi

Tipologi yaitu menggambarkan watak kepribadian manusia yang di golongan-golongan menurut corak watak masing-masing.
1. Melankholikus : orang yang mudah tersentuh.
2. Flegmatis : orang yang tak mudah putus asa.
3. Kholerikus : orang yang mempunyai emosional yang lebih tinggi.
4. Sanguinikus : orang yang optimisme tinggi.
 
Daya manusia

daya manusia adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.

0 komentar:

Posting Komentar