Selasa, 29 Januari 2013 | By: Ahmad Ramdhani aprianto

Manfaat root pada Android

Bagi yang masih ragu mau ngeroot atau engga coba baca ini dulu

Manfaat root pada Android:
1. Aplikasi resmi.
Banyak aplikasi berdasarkan region di Android market. Orang Indonesia tidak bisa melihat (melihat aja gak bisa, apalagi mau install) aplikasi yang tidak diperuntukkan buat Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi Market enabler, kita bisa mendownload semua jenis aplikasi tanpa dibatasi oleh ketentuan regional.
Nah, aplikasi semacam market enabler ini mengharuskan Handheld (HP) Android harus sudah di root terlebih dahulu.

2.Blokir iklan
Banyak sekali aplikasi gratis di Android Market. Senang kan dapat aplikasi gratisan? Tapi gak enaknya selalu ada iklan disetiap aplikasi tersebut yang menurut saya cukup mengganggu. Hampir semua jenis iklan itu dapat diblokir dengan aplikasi AdFree atau Adblocker.
Sayangnya, apalikasi Adfree hanya dapat dijalankan jika HH Android kita sudah diroot terlebih dahulu. Mau tidak mau kita harus me-rooting Android kita.

3. Bisa mengakses file system.
Dengan menggunakan Android Debug Bridge (ADB) atau Root Explorer, kita bisa mengakses file system, menghapus aplikasi-aplikasi bawaan Android yang tidak kita perlukan, mengcopy file ke system, mengedit file system, mengganti boot animation, mengganti font, dll
Syaratnya agar bisa masuk ke filesystem baik dengan ADB maupun dengan Root explorer (atau dengan terminal emulator), HH Android tersebut harus sudah ter-root.

4. Update Aplikasi resmi.
Bisa saja kita menginstall aplikasi tanpa harus ke Anroid market. Tinggal search di google nama aplikasinya, kita bisa download dan install di HP kita. Banyak orang dengan berbaik hati membagikan aplikasi tersebut.
Masalahnya adalah, ketika ada update resmi, kita tidak akan mendapatkan notifikasi updatenya, karena bukan berasal dari Android market. (Ada beberapa perusahaan besar yang menyediakan server sendiri untuk langsung mengupdate aplkasinya, tapi tidak banyak, misalnya Whatsapp).Kita harus mencari lagi, download dan install lagi.
Dengan melakukan langkah pada poin 1, masalah tersebut dapat diatasi. Aplikasi dapat langsung diupdate secara otomatis dari android market.

5. Berbagi aplikasi.
Anda mempunyai aplikasi unik dan bagus. Anda ingin membagikan aplikasi tersebut ke orang lain, atau anda ingin membagikan aplikasi bawaan HP Android, misalnya keyboard swype, sim toolkit, keyboard, launcher, FM radio, dll. Caranya tinggal masuk ke system, copy aplikasi tersebut dan upload di tempat berbagi file, seperti rapidshare, ziddu, 4shared, dan lain2. Untuk masuk ke system tentu HH Android harus di root terlebih dahulu.

6. Backup aplikasi.
Aplikasi untuk membackup aplikasi lain seperti titanium backup membutuhkan hak akses ke root.

7. Masih banyak manfaat lainnya, yang pada intinya dengan di-root, kita dan aplikasi dapat mempunyai hak akses admin di HH Android.

Keuntungan setelah di ROOT:
-Bisa nginstall aplikasi yang tida bisa di install serta update aplikasi yg bukan dari market tanpa instal ulang aplikasinya (ap2d,movetosd,busybox,titaniumbackup dll yg butuh root)
-Melatih kita untuk selalu merawat dan menjaga gadget kita (tau sendiri kan knp :) )
-Tidur nyenyak karena lega dan  udah gk pusing-pusing lagi mikirin mau ngeroot atau engga :))

Kerugian Setelah di ROOT:
-Garansi Hilang (kecuali klo di unroot atau flashing firmware)


1 komentar:

Unknown mengatakan...

gan klo android yg udah di root misalnya Rom GB yang udah di Root kan klo aplikasi BBM utk android hanya bisa di download oleh android ICS ke atas, klo android GB kita udah di Root apa bisa kita Download BBM utk Android??

Posting Komentar